Daur ulang komputer perlukah ?


Menjelang diterapkannya undang-undang tentang daur ulang komputer (2002), perkembangan bisnis komputer bekas meningkat. Pada akhir tahun ini diperkirakan akan muncul sedikitnya 27.000.000 juta per-tahun tipe notebook komputer bekas di pasaran komputer Jepang (surat kabar Nikkei 2/18). Diperkirakan perkembangan bisnis komputer bekas akan merupakan saingan bisnis bagi perusahaan komputer besar di masa yang akan datang. 
Jaringan distribusi komputer bekas.


Kesibukan terlihat di kantor pusat PacificNet (Ota, Tokyo). Dilayar monitor terlihat berbagai jenis komputer bekas serta daftar pesanan dari berbagai kota di seluruh Jepang. Juga terlihat daftar harga dari berbagai jenis notebook bekas yang berkisar antara 3000 – 30.000 yen. Begitu pesanan masuk, data pesanan langsung dikirimkan ke pusat manajemen barang di pulau Heiwajima, sekitar 5 km dari kota Tokyo. Barang pesanan akan segera dikirimkan menuju tiga tempat penjualan di Tokyo dan Akihabara.

“Fresh adalah nomer satu dalam bisnis komputer bekas”, tutur Mitsuhiro Ueda, Dirut PacificNet. Perusahaan yang sebelumnya bergerak dibidang servis komputer. Tahun lalu PacificNet menerapkan Supply Chain Management (SCM) dan memulai bisnis barunya penjualan komputer bekas.

System manajemen distribusi SCM mulai dikenal akhir tahun 1990-an. Dalam standard SCM, penyimpanan barang digudang diperpendek dari 1-1.5 bulan menjadi 0.5 bulan. Barang yang tersimpan lebih dari 3 bulan dianggap sebagai barang yang rusak. Pelayanan terhadap konsumenpun dipercepat, biasanya barang baru dapat diterima oleh konsumen sekitar 1 bulan semenjak pemesanan, dirubah menjadi 10 hari.

Untuk melancarkan system SCM ini, hampir setiap hari 20 buah truk dipersiapkan untuk melayani pesanan dan permintaan dari para konsumen di Tokyo dan Osaka. Mulai April ini, network seluruh kota besar di Jepang akan dibuka..

Sekarang, asset penjualan PacipicNet per-bulan adalah 20.000 buah komputer bekas. Dengan pendapatan pertahun sekitar 1.8 milyar yen.

Sekedar informasi siapa tahu ada yang hendak berbisnis komputer bekas.

http://www.kamusilmiah.com/elektronik/daur-ulang-komputer-perlukah/

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: