Hidup Lebih “Green” dengan Komputer Anda


GreenITAnda selalu bekerja di depan komputer? Atau anda selalu melakukan kegiatan sehari-hari tanpa bisa terlepas dari yang namanya komputer? Mulai dari yang namanya menyusun laporan, membuat presentasi, menyimpan catatan resep makanan sampai maen game dan nonton film serta dengerin musik.

Tahukah anda, meski waktu Anda sebagian besar dihabiskan di depan komputer, dan anda jarang sekali keluar rumah dan berinteraksi dengan alam sekitar, bukan berarti bahwa anda tidak bisa berperan dalam ikut mensukseskan gerakan anti global warming dan menjadikan bumi ini lebih hijau.

Ada hal-hal kecil yang bisa anda lakukan dengan kegiatan berkomputer anda, yang bisa mendukung terhadap pencegahan bahaya global warming dan membuat hidup anda lebih “Green” hingga bisa membantu bumi tercinta menjadi lebih hijau dan sejuk.

1.  Hemat Pemakaian Tinta dan Kertas

Sudah sering sekali didengungkan bahwa jutaan pohon musnah dalam setiap detiknya hanya untuk memenuhi kebutuhan kertas kita. Dan bisa dibayangkan gimana jadinya bumi ini bila pohon-pohon itu akhirnya habis dan hilang dari muka bumi? Alam yang tadinya sejuk segar dan menyehatkan, akan berubah menjadi padang tandus yang menyesakkan. Oleh karena itu, hematlah pemakaian kertas anda. Caranya, gunakan kedua sisi kertas untuk memprint dokumen anda. Apalagi kalau dokumen yang anda print bukan untuk laporan resmi, tapi untuk sekedar bahan bacaan atau masih berupa draft laporan, ada baiknya gunakan opsi “Two Pages per Sheet” saat memprint-outnya dan  gunakan kedua sisi kertas. Jadi kalau dalam keadaan normal kertas yang anda butuhkan sebanyak 4 lembar, dengan opsi seperti ini anda hanya memerlukan 1 lembar kertas, lebih hemat kan?

2. Aktifkan Screen Saver, Mode Hibernation dan Power Off

Anda bekerja seharian di depan komputer, itu bukan berarti bahwa anda akan terus menerus  tanpa henti menggunakan komputer kan? ada saatnya dimana anda butuh istirahat sejenak untuk sekedar makan, minum atau mengistirahat mata anda. Untuk itu aktifkan Screen Saver di Komputer anda, dan juga aktifkan pula fitur Power Off dari Monitor dan Hardisk anda. Jadi ketika komputer tidak dipakai dalam periode waktu tertentu, secara otomatis power monitor dan hardisk anda akan off sehingga anda bisa menghemat pemakaian listrik.

Caranya, untuk anda pengguna Windows XP, Klik Kanan di Desktop –> pilih Propertis –> setelah itu akan muncul jendela Display Properties, kemudian klik tab Screen Saver, pilih screen saver yang sesuai dengan kebutuhan anda dan tentukan seminal mungkin waktu aktifnya, misalnya 2 menit. Di bagian paling bawah klik juga button Power yang akan memunculkan jendela Power Option Properties, pada pilihan Turn Off Monitor pilih waktu seminimal mungkin, misalnya After 5 minutes. Hal yang sama lakukan juga pada pilihan Turn Off Hardisk.

3. Turn Off

Ya, matikanlah printer, scanner, monitor, speaker jika tidak digunakan. Anda tidak mungkin menggunakan printer dan scaner terus menerus kan? karena itu matikan peralatan ini, karena meskipun dalam keadaan idle, peralatan-peralatan ini tetap mengkonsumsi sumber listrik.

4.  Kampanye Anti Global Warming di Email, Blog atau di Forum dan bahkan di Chat Room.

Hal kecil bisa anda lakukan, gunakan slogan Anti Global Warming di Signature pada email anda, di Forum dan bahkan di blog anda. Tidak susah kok untuk mencantumkan kata-kata seperti Let’s Go Green, Save Our Earth, atau Going Green Lifestyle hingga secara tidak langsung anda bisa mengajak orang lain untuk bersama-sama menyelamatkan bumi ini dari bahaya Global Warming.

5.  Sumbangkan PC lama kepada yang membutuhkan

Anda baru saja membeli PC baru dengan spesifikasi yang high end, hingga PC lama anda tidak punya lagi tempat di ruang kerja anda. Nah, daripada anda menyimpannya di gudang, atau anda membuangnya sembarangan hingga bisa mencemari lingkungan, alangkah lebih baik PC lama anda yang masih bisa digunakan, anda sumbangkan ke orang yang membutuhkan. Entah itu ke panti-panti asuhan, lembaga sosial atau mungkin ke layanan sosial online di internet. Bagi anda mungkin PC itu sudah tidak ada nilainya karena terlalu lemot, tapi bagi yang tidak punya komputer, mendapatkan komputer second dan lemot sekalipun, bisa jadi hal yang menggembirakan.

http://www.tasikisme.com/index.php?option=com_content&view=article&id=326:hidup-lebih-green-dengan-komputer-anda&catid=42:lets-go-green&Itemid=67

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: