DEPKOMINFO BANGUN COMMUNITY ACCES POINT (CAP)


Dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai bagian dari Masyarakat Informasi Global pada 2015 yang ditandai dengan setidaknya 50 persen masyarakat Indonesia memiliki akses internet terus dibangun. TAHUN INI Depkominfo membangun Community Accse Point (CAP) di 3 propinsi yang mencakup 220 buah titik. Seluruh wilayah pedesaan harus memiliki akses internet komunitas atau Community Acces Point (CAP). Tiga propinsi tersebut yaitu Jawa Barat, Lampung dan Banten. Internet akan terkoneksi ke sejumlah fasilitas umum sepertu rumah sakit,puskesmas, balai desa dan fasum lainnya.Demikian ungkap Cahyana Ahmad Jayadi, direktur Jenderal Aplikasi Telematika Depkominfo saat diterima Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan di kediaman resmi Gedungnegara Pakuan, Bandung.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh bupati Sukabumi, Sukmawijaya, Bupati Garut Aceng Fikri dan Wakill Bupati Cianjur dan jajaran Diskominfo Jawa barat. Cahyanamengatakan, SATU TITIK cap Terdiri dari 10 unit komputer sebagai fasilitas akses internet bagi masyarakat, dan khusus Jabar 65 kecamatan akan memiliki CAP. Cahyana lebih lanjut menjelaskan, program ini dapat diwujudkan dengan pendanaan berupa hibah sebesar USD 1.868.338 yang diberikan oleh International Of Reconstruction and Development (World Bank Kepada Depkominfo sebagai tindaklanjut perjanjianyang ditandatangani pada 21 April 2009 di Jakarta.

Tujuan bantuan adalh untuk meningkatkan peran strategis akses internet di pedesaaan dalam rangka mempercepat literasi masyarakat dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Wujud bantuan selain CAP yang bersifat statis, Depkominfo juga membantu menyediakan Mobile-CAP, yakni kendaraan dengan fasilitas teknologi informasi termasuk didalamnya akses internet,http//jakarta.wartaegov.com/index.php?opttion=com_content&view=article&id=3624:depkominfo-bangun-community-acces-point-cap-untuk-tiga- propinsi&catid=44:ragamberita&Itemid=56.

(Sumber:Depkominfo,19-6-2009)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: