Awas, Prosesor Intel Core i7 Palsu Beredar


SAN DIEGO, Berita soal pembajakan software mungkin bukan hal baru, namun kalau hardware seperti prosesor dibajak baru kabar hangat. Apalagi yang dipalsukan adalah prosesor Intel Core i7-920 yang merupakan produk flagship baru perusahaan prosesor terbesar itu.

Jumat (5/3/2010) pekan lalu, situs HardOCP melaporkan hal tersebut dari salah satu anggota forum online-nya. Pelapor yang membeli prosesor dari Newegg, salah satu toko online di AS, bukannya mendapatkan prosesor yang diinginkan tapi sebuah kotak berisi prosesor palsu berikut pelincung panan dan kipas yang dicetak dari bahan plastik.

Prosesor palsu tersebut dijual dalam kemasan khusus dan berisi buku manual namun halamannya kosong. Selain itu, pada stiker di bagian luarnya terdapat banyak salah tulis, seperti yang seharusnya socket ditulis sochet.

Belum ada penjelasan bagaimana barang palsu yang dibuat mirip kemasan asli tersebut bisa beredar. Newegg dilaporkan langsung mengganti dengan barang yang asli begitu mendapat laporan, namun belum dipastikan berapa banyak konsumen yang tertipu.

“Intel sangat peduli dengan kemungkinan pemalsuan paket i7-920 di pasaran dan sedang berupaya mengidentifikasi berapa banyak dan di mana dijualbelikan,” ujar Nick Jacobs, juru bicara Intel seperti dilansir PC World, Senin (8/3/2010).

Ia mengatakan pembeli yang merasa tertipu dengan produk semacam itu diminta untuk melapor ke toko yang menjualnya. Kalaupun tidak cukup, konsumen diminta melaporkan kepada pihak aparat berwenang. Memang perlu hati-hati membeli prosesor yang harganya sampai jutaan itu.

KOMPAS.com

https://mrans.wordpress.com/2010/04/07/awas-prosesor-intel-core-i7-palsu-beredar/


Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: